Teks Lho Paling Lengkap


YOGYAKARTA
            Yogyakarta merupakan provinsi yang memilki status sebagai Daerah Istimewa. Terlepas dari kisah masa lampau yang membuatnya menjadi Daerah Istimewa, dilihat dari fakta sekarang memang benar-benar istimewa, terasa dengan banyaknya kejutan di kota ini yang membuat hati merasa ingin kembali lagi di lain waktu.

             Keistimewaan kota Yogyakarta tidak terlepas dari julukannya yaitu sebagai kota budaya, wisata, kuliner dan pelajar.
            Memang pastas dijuluki kota budaya, saat ku berada di sana sangat terasa budaya yang khas. Di sana masih memegang teguh budaya Jawa yang amat kental meskipun arus globalisasi terus meningkat. Apalagi saat memasuki Kraton, suasananya bagaikan berada di kerajaan saat masa lampau. Di sisi lain Yogyakarta memiliki tidak kurang dari 515 Bangunan Cagar Budaya, selain itu mempunyai 30 museum yang dua diantaranya yaitu Museum Ullen Sentalu dan Museum Sonobudoyo diproyeksikan menjadi museum internasional.
            Untuk julukan kota wisata , banyak yang berkata bahwa Yogyakarta itu seperti “Bali – nya” pulau Jawa, dengan budaya yang kental menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Ada banyak alasan mengapa Yogyakarta dikenal sebagai destinasi wisata favorit, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, juga pada wisatawan asing. Adanya Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Kraton merupakan beberapa alasannya, juga Malioboro yaitu sebuah jalan di mana di sana akan menemukan pusat pembelanjaan modern bersaing dengan pedagang kaki lima yang sejak dulu hingga sekarang selalu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu Malioboro dikenal sebagai pusat wisata karena berdiri hotel – hotel bertarif murah mulai dengan harga di bawah Rp.100.000,00 hingga hotel – hotel berkelas yang menawarkan tarif jutaan permalam.
            Dari segi kuliner, banyak makanan Yogyakarta dengan cita rasa khas seperti Gudeg, Krecek dan Bakpia Pathok. Makanan ini memang sederhana namun memiliki cita rasa dan nilai gizi yang tinggi.
            Satu lagi yang tak dapat dipisahkan dari Yogyakarta yatu sebutan Kota Pelajar. Semangat belajar penduduk di sana sangat tinggi terbukti dengan didirikannya 137 perguruan tinggi dengan 12 perguruan tingginegeri dan 125 perguruan tinggi swasta. Diawali dengan didirikannya Universitas Gadjah Mada setelah itu bermunculan perguruan tinggi lain, baik dari pemerintah maupun swasta. Kebanyakan perguruan tinggi di sana dibangun dengan arsitektur yang menawan, mutunya terjamin, fasilitas lengkap, akreditasinya sangat baik dan selalu menghasilkan lulusan yang berkompeten. Maka dari itu banyak pelajar baik dari Yogyakarta maupun kota lainnya untuk menimba ilmu di sana. Juga alasan banyak mahasiswa belajar di sana karena biaya hidup yang sangat terjangkau dan aman bagi kantung mahasiswa. 

Komentar